GAWAT, RATUSAN RIBU S1 NGANGGUR! CEGAH DONG PAKE 4 LANGKAH INI

Category Entertainment, publish 04 Oktober 2018 | dilihat sebanyak 307 kali

Ratusan ribu S1 nganggur jangan sampai kamu jadi salah satunya

Maret kemarin, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi merilis data yang berhasil bikin baper para sarjana. Apa tuh? Setidaknya ada 630 ribu lulusan S1 yang nganggur lepas wisuda! Mau kaget ya nggak kaget-kaget amat. Pasalnya, kondisi ini udah jauh diprediksi oleh banyak pihak, kok.

Salah satunya oleh Willis Towers Watson, tepatnya tahun 2014. Menurut studinya seputar Talent Management and Rewards, Willis Towers Watson menyimpulkan: pengangguran terjadi karena profil tenaga kerja yang dicari kerap tidak ditemukan dalam diri para sarjana. Selain gagap industri di era 4.0, secara soft skill pun mereka kurang. Bahasa Inggrisnya blentang-blentong, komunikasi mirip susah sinyal, dan... nol pengalaman.

 

Solusinya jelas. Mahasiswa tidak boleh mengandalkan ijazah semata. Sejak masa perkuliahan, mereka harus sudah siapin sejumlah hal.

 

Cari Pengalaman Kerja

Banyak sarjana bete melihat persyaratan “minimal pengalaman kerja 1 (satu) tahun. Mereka mikir, “Yah, kan baru lulus. Gimana punya pengalaman kerja?”

 

Kawan, jangan lagi mikir model gini ya. Bikin malu. Yang namanya punya pengalaman itu bisa diakalin pas kita kuliah, lho. Kamu bisa sempatin minimal satu tahun dari masa perkuliahan buat kerja di perusahaan yang mau menerima kamu tanpa syarat macam-macam. Bidangnya disesuaikan dengan bidang yang kelak kamu mau tekunin secara profesional.

 

Contoh, kamu mau jadi Graphic Designer. Kamu bisa melamar ke lembaga-lembaga non profit atau sosial, perusahaan keluarga, coba-coba program internship, atau ambil kerjaan freelance. Jangan fokus sama bayarannya, karena tujuan kamu itu pengalaman kerjanya.

 

Perkaya Soft Skill

Ikut organisasi kampus itu bukan buat petantang-petenteng, tapi nambah soft skill kamu. Dengan berorganisasi, kamu terlatih berkomunikasi, kerjasama dengan orang lain, mengatasi masalah antar individu atau manajemen, dan sebagainya.

 

Nambah Networking

Perbanyak teman, jaringan, dan relasi selama di kampus. Bantu mereka, tunjukin nilai kamu. Kalau udah begini, one day mereka bikin startup oke dan dapat kucuran dana 100 miliar dolar (namanya juga mengkhayal, hehe), kamu bakal diajak jadi orang penting di perusahaanya. Asyik banget kan?

 

Bikin Bisnis Sendiri

Sebenarnya pengangguran itu fenomena yang masuk akal. Kenapa gitu? Wong jumlah pencari kerja jauh lebih banyak dari lowongan yang tersedia, kok. Datanya dirilis langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2016. Waktu itu, setidaknya ada 1.4 juta para pencari Tuhan, eh kerja, tapi cuma ada 900 ribuan lowongan yang tersedia. Alhasil, cuma separo yang diterima, sisanya manyun di rumah.

 

Banyak yang bilang, kalau kamu nggak dapat kesempatan, kamu aja yang bikin kesempatan itu. Dengan kata lain, nggak ada salahnya bikin bisnis sendiri. Telusuri minat dan bakat. Belajar dikit. Langsung action. Betul banget!

 

Tapi, kalau kamu cari bisnisan yang gampang, yang bisa diterapin tanpa ribet sendiri, jadi reseller RumahCustom (RC) aja. Selain komisinya macam-macam, persentasenya gede-gede. Jangan garuk-garuk kepala deh, kalau ada jutaan rupiah yang masuk rekening kamu tiap bulannya. Penasaran nggak? Penasaran dong. Ya ya ya? Klik di sini deh, buat keterangan sekomplitnya: http://rumahcustom.com/peluang_bisnis/peluang_reseller

Bagikan halaman

Insert Your Comment

Kategori

Info Produk
News
Promo
Entertainment
Semua Kategori

Artikel Lainnya

GAWAT, RATUSAN RIBU S1 NGANGGUR! CEGAH DONG PAKE 4 LANGKAH INI
CINTA DAMAI, TUNJUKIN PAKE 3 CARA INI
MALAS OLAHRAGA, COBA INTIP 4 TIPS INI
Save The Earth with Style Buy 3 Get 4
Jersey Jonatan Christie Laku Rp 400 Juta, Rambut Artis ini Harganya Lebih Mahal