BEGINI 5 CARA BELANJA YANG BIKIN BUMI LEBIH “ADEM”

Category Entertainment, publish 23 April 2018 | dilihat sebanyak 123 kali

Belanja bisa nambah limbah?

Eit, jangan salah. Bukan cuma pabrik kimia yang nyumbang limbah ke lingkungan. Kita juga, lho, terutama saat kalap belanja. Pulang ke rumah bawa kantong plastik dan pembungkus kado seabreg-abreg.

 

“Tapi belanja itu kan kebutuhan. Kalau nggak belanja, gimana gitu.”

 

Solusinya bukan nggak belanja, tapi mengakali cara belanja. Smart shopping, istilah. Dengan begitu, kita bisa tetap belanja tanpa menyumbang limbah terlalu banyak.

 

Coba deh, baca list gagasan berikut. Siapa tahu bisa kita praktikin saat belanja nanti.

 

Satu, bikin daftar.

 

Jangan belanja pakai naluri. Bisa diomelin kasir! Hehe. Maksudnya, sebelum pesan naik angkot atau pesan ojek online, bikin list belanjaan dulu. Tujuannya biar belanjanya terarah gitu, nggak tersesat ke lorong-lorong penuh godaan. Stop belanja dengan prinsip “Gue Lihat, Gue Beli.” Selain bikin kantong jebol, kamu sedang melatih diri sendiri untuk jadi pribadi boros di masa depan.

 

Dua, pilih produk yang punya teknologi pengurangan limbah atau komitmen melindungi dunia dari global warming.

 

Misalnya, dengan menciptakan produk yang kemasannya bisa didaur ulang, less plastic, bahannya dari alam, dan lain-lain. Sebisa mungkin hindari produk-produk yang, kalau kamu beli, bakal jadi limbah lingkungan.

 

Tiga, belanja online.

 

Selain hemat ongkos, belanja online memang lagi tren kok. Kamu nggak perlu nambah polusi dengan berkendaraan, nggak ada godaan lirik sana-sini, belanja pun sesuai keperluan sehingga nggak nambah limbah berlebihan.

 

Empat, sebisa mungkin gunakan plastik ramah lingkungan.

 

Plastik jenis ini didesain terurai alami seiring berjalannya waktu. Syukurnya, sejumlah tempat belanja sudah menyediakan kantong belanja semacam ini. Baik banget kan? Nah, mending belanja ke tempat-tempat kayak gini, jadi kamu juga nggak repot.

 

Lima, kalau kamu nggak dapat kantong belanja yang bisa didaur ulang, kurangi penggunaan kantong plastik yang ter, la, lu.

 

Misal, dengan membawa kantong belanja sendiri. Mengakali penyimpanan barang menggunakan plastik-plastik besar, nggak perlu nambah bungkus baru. Jika habis belanja, kumpulkan kantong plastik agar bisa dipakai di kemudian hari, tanpa harus membeli kantong plastik baru.[]

Bagikan halaman

Insert Your Comment

Kategori

Info Produk
News
Promo
Entertainment
Semua Kategori

Artikel Lainnya

GAWAT, RATUSAN RIBU S1 NGANGGUR! CEGAH DONG PAKE 4 LANGKAH INI
CINTA DAMAI, TUNJUKIN PAKE 3 CARA INI
MALAS OLAHRAGA, COBA INTIP 4 TIPS INI
Save The Earth with Style Buy 3 Get 4
Jersey Jonatan Christie Laku Rp 400 Juta, Rambut Artis ini Harganya Lebih Mahal